Tips Tetap Bugar Saat Traveling di Tengah Corona

Tips Tetap Bugar Saat Traveling di Tengah CoronaSahabat Fastrans Travel Bandung, wabah virus Corona membuat masyarakat takut untuk bepergian. Sebagian masyarakat yang sudah punya rencana liburan sejak jauh-jauh hari pun terpaksa batal akibat wabah ini. Tapi traveler jangan khawatir berlebihan, ada beberapa cara yang dapat traveler aplikasikan agar tubuh tetap sehat. Mau tahu? Yuk simak tips pola hidup bugar sehat ala dr Dejandra berikut ini.

Tips Tetap Bugar Saat Traveling di Tengah Corona

  • Cuci tangan

Dalam penerbangan Citilink GQ685 dari Jakarta-Denpasar, Kamis (5/3/2020) lalu, Dr Dejandra mengatakan pentingnya untuk mencuci tangan sebab tangan yang kotor ini bisa menjadi media pembawa kuman dan bakteri masuk ke tubuh kita.

“(Penting) menjaga tangan kita agar tetap bersih, karena virus dan bakteri, kita nggak tahu kena dimana, (lalu) pegang apa kita nggak cuci tangan tangan kita jadi kotor sedangkan tadi nggak sadar garuk-garuk hidung, makan nggak cuci tangan, itu bisa jadi tertular,” katanya.

Dr Dejandra juga menjelaskan bahwa cuci tangan tak hanya sekadar membasahi tangan dengan air tapi harus menggunakan sabun.

“Cuci tangan menggunakan air bersih, air mengalir, dan sabun. Hand sanitizer itu boleh untuk praktis tapi yang terbaiknya tetap dengan cuci tangan dengan air mengalir dan juga menggunakan sabun,” ujarnya.

  • Makan makanan bergizi seimbang

Tubuh manusia memerlukan asupan gizi seimbang agar tetap sehat. Dr Dejandra menekankan bahwa makan itu tak boleh hanya asal kenyang tetapi juga harus memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi.

“Jangan asal kenyang saja tapi kita harus perhatiin gizinya juga seperti apa, (ada) karbohidrat, protein, mineral. Jadi ya ada nasi, ada ikan atau ayam, ada daging, sayur, serat, lemak juga dan kacang-kacangan,” ia menjelaskan.

dr. Dajendra memberikan penjelasan pentingnya pola hidup bersih sehat dalam penerbangan Citilink.Dr Dajendra memberikan penjelasan pentingnya pola hidup bersih sehat dalam penerbangan Citilink. (Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom)

Baca Juga : 25 Turis Asing Di Aceh Dikumpulkan Di Satu Pulau

  • Olahraga

Agar tubuh tetap bugar, olahraga juga penting dilakukan. Dr Dejandra bercerita, saat ini banyak sekali alasan orang ogah berolahraga. “Sekarang sudah jadi alasan nih, orang biasa main laptop, HP, kerjaannya di kasur saja, di kantor saja sedangkan olahraga yang disarankan itu adalah minimal 150 menit selama seminggu,” ungkapnya.

Dr Dajendra juga menyarankan agar tubuh kita bergerak minimal 30 menit setiap hari.

“Olahraganya nggak usah yang berat-berat. Nggak usah yang harus jogging di GBK atau gimana. Olahraganya bisa dengan jalan sore, sepedaan, renang mungkin kalau ada waktu. Yang penting kita bergerak, nggak hanya duduk saja. Nggak hanya tiduran aja,” imbaunya.

  • Istirahat yang cukup

Kebiasaan masyarakat urban yang sibuk bekerja dan sering begadang juga disinggung Dr Dejandra. Ia mengatakan tidur yang cukup selama 6 jam bagi orang dewasa menjadi salah satu kunci tubuh tetap bugar.

“Saya ngerti kerja itu penting tapi kalau misalkan sudah di rumah masih saja kerja, masih begadang, istirahat kurang. Tidur disarankan 6 jam. ‘Oh saya tidurnya 6 jam kok, dari jam 1 pagi’. Ya sama aja, kalau bisa ya, sebelum itu kita sudah istirahat,” katanya.

  • Tidak Merokok

Dr Dajendra juga menyarankan agar masyarakat menghindari konsumsi rokok. “Hindari rokok. Nggak perlu saya jelaskan panjang lebar lagi ya, sudah tahu rokok selain berdampak kurang sehat pada tubuh kita, dia juga menurunkan daya tahan tubuh kita,”ujarnya.

Selain kelima tips ini, Dr Dajendra juga mendukung konsumsi herbal untuk memperkuat daya tahan tubuh. Kebetulan saat ini maskapai Citilink tengah mengkampanyekan traveling sehat dengan menyuguhkan minuman herbal pada para penumpang, salah satunya wedang jahe.

“Wedang jahe dipercaya khasiatnya sudah lama sekali dari orang Indonesia, salah satu herbal yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Utamanya manfaatnya itu adalah antiradang dan antioksidan,” tutur Dr Dajendra.

Khasiat jahe untuk antiradang dapat digunakan saat kita sedang sakit, nyeri tenggorokan, nyeri lutut atau demam. Jahe dapat dikonsumsi untuk mengurangi gejala-gejala tersebut.

Sedangkan untuk anti oksidan, jahe dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat membuat seseorang cepat keriput dan berkurangnya daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi jahe, sistem imun kita bisa membaik untuk melawan radikal bebas tersebut.

Sumber : Detik Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *