Tips Selama Penerbangan Agar Terhindar dari Penyakit yang Bersarang

Tips Selama Penerbangan Agar Terhindar dari Penyakit yang BersarangSahabat Fastrans Travel, Pesawat terbang merupakan transportasi favorit untuk liburan. Hal itu pula yang membuat pesawat bisa jadi sarang penyakit. Berikut tips liburan sehat dengan pesawat.

Libur akhir tahun telah tiba, transportasi pesawat menjadi salah satu yang favorit untuk bepergian apalagi untuk jarak jauh. Dihimpun detikcom dari Mirror, Senin (23/12/2019) inilah alasan mengapa pesawat menjadi sarang dari penyakit.

Menurut survei dari Skyscanner, ada satu dari 5 orang yang terkena flu saat turun dari pesawat. Meskipun telah dibersihkan, namun beberapa titik di pesawat menjadi sarang bakteri. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips yang bisa kamu lakukan selama di pesawat :

Tips Selama Penerbangan Agar Terhindar dari Penyakit yang Bersarang

1. Bawa tisu basah

Tisu basah umumnya mengandung cairan anti bakteri. Benda ini bisa kamu gunakan untuk mengelap tempat duduk, meja atau sandaran tangan di pesawat.

Karena area-area tersebut menjadi salah satu titik yang sering bersentuhan dengan penumpang lain. Mudah dibawa, benda ini menjadi salah satu yang wajib ada untuk naik pesawat.

2. Hindari kantung kursi

Kantung di kursi pesawat menjadi salah satu yang paling kotor. Di kantung ini pula penumpang meletakkan sampah, bekas muntahan dan lain-lain.

Hindarilah penggunaan kantung di kursi pesawat. Meski sampah telah dibersihkan, namun bakteri yang ada tetap tinggal di sana. Meletakkan ponsel atau benda lainnya ke kantung ini, membantu penyebaran bakteri masuk ke dalam tubuh.

3. Kursi dekat jendela

Dari semua spot yang ada, pilihlah kursi di dekat jendela. Kursi di lorong menjadi spot lalu lalang penumpang. Sandaran tangan di kursi lorong menjadi salah satu tempat penyebaran bakteri dan penyakit.

Inilah mengapa kursi di dekat jendela menjadi tempat terbaik untuk menghindari penyakit selama di pesawat.

4. Hindari kursi dekat toilet

Toilet pesawat menjadi sarang dari berbagai penyakit. Selain itu, duduk di dekat toilet juga harus siap dengan aroma yang tidak sedap selama penerbangan.

Jika memungkinkan, gunakan toilet di bandara sebelum penerbangan. Selalu gunakan sepatu selama penerbangan, untuk menghindari kontak dengan tempat-tempat yang kotor.

Baca Juga : Agar Tak Kelelahan, Ini Tips Menyusun Itinerary Saat Liburan

5. Cuci tangan

Usahakan untuk sering mencuci tangan saat di pesawat. Mencuci tangan bisa membantu traveler untuk membunuh bakteri yang ada selama penerbangan.

Apalagi saat kamu sering mengusap wajah. Bakteri yang ada di tangan dengan mudah masuk ke dalam tubuh lewat mulut dan hidung. Bawalah antiseptik yang berupa cairan atau gel untuk mempermudahmu di pesawat.

6. Banyak minum

Minum air putih seringkali jadi hal yang dianggap remeh selama penerbangan. Faktanya, banyak minum di pesawat bisa membuat kulitmu tetap lembab. Selain itu, minum air putih bisa tetap fokus dan santai.

7. Nyalakan AC

Dari banyak penelitian, AC dianggap sebagai perisai untuk membentengi tubuh dari bakteri. Namun di sisi lain, penggunaan AC dalam waktu yang lama di penerbangan juga bisa membuatmu sakit. Untuk itu, pakailah baju yang sedikit tebal untuk melindungi dari dinginnya AC.

Setelah membaca artikel ini, semoga sahabat Travel bisa makin nyaman dan sehat setelah naik pesawat ya!

Sumber Detik Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *