Pengalaman Baru Turis Ketika Merapi Erupsi

Pengalaman Baru Turis Ketika Merapi Erupsi Sahabat Fastrans Travel Bandung, Gunung Merapi mengalami erupsi pagi ini. Namun, sektor pariwisata masih terpantau aman. Merapi mengalami erupsi pagi ini pukul 05.16 WIB. Tercatat di seismograf dengan amplitudo 75 mm dan durasi 150 detik dengan tinggi kolom erupsi 2.000 meter.

Pengalaman Baru Turis Ketika Merapi Erupsi

Kendati demikian, sektor pariwisata di sekitar lereng Merapi tidak terganggu.

“Warga di KRB (kawasan rawan bencana) 3 beraktivitas seperti biasa. Wisatawan juga masih beraktivitas biasa dan justru dapat pengalaman baru,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, kepada wartawan melalui pesan singkat, Kamis (13/2/2020).

Komandan Sar Satlinmas Kaliurang, Kiswanto juga mengutarakan hal serupa. Warga di sekitar wisata Kaliurang juga tidak ada yang terganggu dengan erupsi Merapi.

“Memang tadi saat erupsi sempat keluar untuk melihat. Tapi setelah itu sudah, mereka lanjut aktivitas seperti biasa,” tegasnya.

Pun demikian dengan kawasan wisata Kaliadem. Ketua Asosiasi Jip Wisata Lava Tour Lereng Merapi (AJWLM) sisi Timur, Bambang Sugeng, mengatakan wisata lava tour juga tidak terdampak.

Baca Juga : Alun-Alun Pelabuhan Ratu Akan Di Sulap Secantik Ini

“Semua biasa saja. Kejadian seperti ini sudah sering. Tidak ada kepanikan dan wisata tetap jalan,” kata Bambang.

Kendati demikian, pihaknya tetap memantau perkembangan aktivitas Merapi melalui HT. Selain itu dia juga mematuhi rekomendasi jarak aman dari BPPTKG.

“Kita dari komunitas jip terus memantau dan kami patuhi jarak aman tiga kilometer dari puncak,” tegasnya.

Sumber : Detik Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *