Wisata Alam Maribaya Lembang

maribaya-resort-lembang

Wisata Alam Maribaya Lembang

Wisata alam Maribaya Lembang Bandung kini telah berdandan dan menjadi tujuan wisata alam yang indah dan cukup menarik perhatian para wisatawan yang berlibur di kota Bandung. Berjarak kurang lebih 25Km dari Kota Bandung, Maribaya Natural Resort berada diatas lahan seluas 6 Ha.

Pemandangan hutan yang asri, serta pemandangan Curug Cigulung dan Curug Cikawari adalah yang kita nikmati di lokasi Maribaya Lembang Bandung Utara. Nyaring nya suara serangga Tonggeret diantara tingginya pepohonan pinus menambah keasrian dan keindahan hutan dilokasi ini.

Sumber air panas alami yang ada di lokasi wisata Maribaya mengandung senyawa Natrium Bikarbonat. Sifat nya Basa lemah dengan konsentrasi Ion Hidrogen sebesar PH 6,6 – 7,3 dalam suhu air sebesar 45,1 derajat celsius. Kandungan mineral penting yang terdapat dalam sumber air panas Maribaya sangat baik untuk terapi kesembuhan radang sendi, radang otot, radang kulit, rematik, gangguan saraf, penyakit kulit, anemia, dan lain-lain.

“Tonggeret merupakan sebutan serangga anggota family Cicadidae, ordo Hemiptara. Suara nyaring Tonggeret berasal dari tymbal , berupa membran yang dilengkapi oleh otot-otot penggerak. Getaran yang dihasilkan oleh otot penggerak inilah yang menghasilkan suara. Suara akan semakin keras karena perut tonggeret memiliki rongga udara yang berfungsi seperti amplifier sehingga dapat memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.”

Legenda Maribaya
Kata Maribaya berasal dari bahasa sunda yaitu “Mari” yang artinya Sehat serta “Baya” yang artinya Bahagia. Kata Maribaya ini bersumber dari seorang Pujangga Sunda KH. Hasan Mustafa yang pada masa itu menjabat sebagai kepala Penghulu di kota Bandung dimasa kepemimpinan bupati R. Aria Martanegara tahun 1819 – 1918.

Legenda Maribaya bercerita tentang seorang petani miskin bernama Eyang Raksa Dinata yang memiliki seorang anak gadis yang cantik jelita bernama Maribaya. Kecantikan Maribaya membuat ayahnya selalu mengkhawatirkan keselamatan putri nya sebab Maribaya selalu menjadi rebutan para pemuda di daerah nya.

Suatu hari sang Ayah mendapat ilham untuk pergi bertapa ke Gunung Tangkuban Perahu, dalam tapanya Eyang Raksa Dinati didatangi oleh seorang kakek yang memberikannya 2 buah bokor berisi air (Bokor = Pinggan berbentuk seperti Vas lebar terbuat dari logam yang biasanya dapat digunakan untuk meletakkan buah atau rangkaian bunga). Dalam tapanya Eyang Raksa diperitahkan untuk menumpahkan airnya dihutan, selanjutnya satu bokor yang diberikan harus dibawa kearah Barat dan satunya lagi di bawa kearah Timur.

Beberapa hari setelah air tersebut ditumpahkan terjadilah keajaiban, air tersebut berubah menjadi sumber air panas mengandung belerang yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sejak saat itu orang pun ramai berdatangan untuk berendam agar dapat sembuh dari penyakit yang dideritanya. Sebagai imbalan dan rasa terimakasih atas kesembuhan, orang-orang yang datang melemparkan uang logam kedalam air panas belerang tersebut.

Hal ini pun akhirnya dapat membantu kehidupan keluarga Eyang Raksa Dinata. Kolam air panas ini selanjutnya diwariskan kepada putri nya Maribaya. Pada akhirnya lokasi ini dikenal hingga sekarang dengan nama Maribaya.

Curug Omas
Curug / Air Terjun omas adalah tujuan utama para pengunjung yang datang ke lokasi wisata alam Maribaya karena Curug Omas adalah air terjun terbesar di kawasan wisata alam Maribaya kota Bandung. Sebenarnya curug Omas sudah masuk dalam wialayah Taman Hutan Raya Juanda kota Bandung, namun karena jaraknya yang lebih dekat sekitar 200 meter bila di tempuh dari loket wisata Maribaya, banyak pengunjung memilih masuk melalui pintu wisata Maribaya bila ingin melihat keindahan alam disekitar Curug Omas serta mendengar suara gemericik air terjun Omas.
Curug Omas Maribaya lembang

Curug Omas memiliki ketinggian terjunan air 30 m dengan kedalaman 10 m merupakan air terjun di aliran Sungai Cikawali. Terbentang sebuah jembatan penghubung sebagai fasilitas penyebrangan sungai. Jembatan ini pula sekaligus sebagai posisi pandang terdekat untuk menikmati hempasan air terjun dan tempat menikmati suara gemericik air terjun alami ini.

Kawasan Wisata Maribaya Bandung dapat juga ditempuh melalui jalur trekking tengah hutan dari kawasan wisata Taman Hutan Raya Dago. Namun kita harus menempuh dahulu perjalanan sejauh kurang lebih 5,5 km dari Taman Hutan Raya Dago kota Bandung. Jalur trekking yang dilalui adalah jalur yang sudah dibangun dengan bahan paving block, jadi kita tidak perlu khawatir harus melalui jalan setapak tanah, dengan tekstur yang tidak rata.
Wisata Alam Maribaya Lembang

Fasilitas Wisata Maribaya Lembang Bandung
Selain dapat menikmati keindahan alam nya dengan aktivitas Trekking, ada beberapa tempat yang dapat kita singgahi di lokasi Maribaya yang dapat kita nikmati selama berada di lokasi ini.

Wisata kolam rendam air panas

Family Foot Spa
Adalah kolam tempat memanjakan diri dengan merendam kaki untuk relaksasi. Kolam berisi air dengan suhu 40 derajat celcius, sangat nyaman dilakukan di antara sejuknya suhu disekitar Maribaya.
Kolam Air Panas Maribaya Lembang

VIP Pool
Adalah kolam rendam bersama teman, keluarga dan sahabat. Berbagai fasilitas disediakan untuk anda di kolam rendam ini seperti handuk, minuman hangat dan makanan. Keunikan nya kita dapat melihat dua buah air terjun sekaligus dari lokasi ini yaitu Curug Ciguling dan Curug Cikawari.

Kamar Rendam
Merupakan kolam rendam privasi, berupa kamar kamar yang dapat di isi oleh satu atau dua orang. Kolam rendam private ini sangat cocok untuk anda yang ingin merayakan momen-momen terbaik bersama pasangan anda.

Sarana Rekreasi Anak

Kolam Pancing dan Turtle Kingdom
Fasilitas ini dapat menjadi rekreasi yang menarik bagi anak-anak. Turtle kingdom adalah sebuah kolam kecil berisi istana kura-kura dan bangunan-bangunan kecil tempat persembunyian para kura-kura.

Terdapat juga kolam pancing anak yang berisi ikan-ikan kecil untuk si buah hati melatih kesabaran menunggu umpan berhasil menangkap ikan.

Rumah Hobbit dan Rabbit Feeding
Adalah taman yang berisi rumah-rumah mungil yang dapat di masuki anak-anak, bentuknya dibikin menyerupai rumah-rumah kelinci.

Children Playground
Terdapat satu area kecil dilengkapi bukit kecil serta permainan anak-anak, di hias dengan dekorasi yang cukup menarik. Pantas saja membuat anak-anak betah berlama-lama di area tersebut.

Bangunan Unik

Sky Bridge Tapak Halimun
Layak nya menara pandang, Sky Bridge Tapak Halimun di bangun di tempat yang tinggi di kawasan Maribaya Lembang kota Bandung. Terdapat satu sisi yang sengaja dibuat sedikit menjorok ke luar agar pengunjung dapat melihat dengan jelas suasana indah alam Maribaya dari ketinggian. Sejuknya suhu Maribaya semakin terasa dari ketinggian, di temani sahutan suara tonggeret membuat kita benar-benar merasakan sensasi di kedalaman hutan pinus yang jauh dari riuh nya suara mesin kendaraan.
Skybridge Maribaya Lembang Bandung

Gerbang Eyang Raksa Dinata
Untuk mengabadikan nama Legenda sang penemu kawasan wisata ini, dibangunlah sebuah gerbang indah berbentuk jembatan yang dihiasi cahaya lampu yang membuat bangunan ini terlihat sangat romantic bila cahaya matahari mulai meredup. Namun pemandangan ini hanya bisa kita saksikan pada saat weekend, karena lokasi wisata Maribaya hanya dibuka untuk umum sampai dengan pukul 4 sore di hari biasa.

Pancuran Salapan Cikawari
Air panas yang keluar dari pancuran yang berlokasi tak jauh dari air terjun Cikawari ini bersumber dari air panas alam. Pengunjung diperbolehkan merasakan air panas alaminya tanpa dipungut biaya tambahan. Karena lokasi nya yang berada area terbuka, disarankan untuk tetap menggunakan pakaian lengkap bila ingin mandi dibawah pancuran ditengah pemandangan alam yang indah disekitar aliran sungai air terjun Cikawari.

Amphiteater
Berdesain layaknya teater dengan bentuk gelanggang terbuka seperti bangunan teater dijaman Yunani kuno. Ciri khas Amphiteater adalah berbentuk setengah lingkaran, serta tempat duduk dibangun berbentuk anak tangga yang disusun melengkung mengikuti bentuk teater dengan formasi setengah lingkaran. Bangunan ini dibangun sebagai tempat diadakan nya pertunjukan bila Maribaya menggelar event atau pagelaran.

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *