Tempat Wisata Alam di Garut

Tempat Wisata Alam di Garut

Tempat Wisata Alam di Garut – Garut yang identik dengan dodolnya, namun jika Anda hanya akan berburu dodol saja ketika berkunjung ke Garut, itu sangatlah rugi. Itu karena faktanya, Garut tergolong salah satu kota di Jawa Barat yang wajib dikunjungi jika mau menyaksikan panorama dan keindahan alam yang natural. Mulai dari pantai, air terjun serta keajaiban alam lainnya dapat dengan mudah Anda temui di Garut.

Tempat Wisata Alam di Garut yang wajib dikunjungi :

Talaga Bodas

Mandi dan bermain air di tengah kawah gunung berapi aktif dapat Anda rasakan jika berkunjung ke Talaga Bodas. Lokasi tersebut memang merupakan kawah Gunung Talaga Bodas yang masih mempunyai aktivitas vulkanik dan untungnya tidak berbahaya dan aman untuk dikunjungi.

Talaga Bodas

Pemandangan di Talaga Bodas sangat mempesona. Tanah berbukit serta pepohonan hijau di kejauhan yang terlihat kontras dengan telaga yang berwarna putih menjadikan panoramanya mengundang decak kagum. Untuk Anda yang ingin bersantai dan berendam di air panas, terdapat spot untuk mewujudkan impian tersebut. Dan tempat ini merupakan tempat yang instagrammable.

Talaga Bodas berlokasi di Jalan Talaga Bodas No.5, Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berada sekitar 93 km dari pusat kota Garut dengan trek yang cukup berliku-liku. Waktu tempuh diperkirakan sekitar 3,5 jam. Jarak dari area parkir ke Talaga kurang lebih sekitar 1 km. Walaupun jalan sudah bagus dan bisa dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4, tetapi aturan yang berlaku kendaraan tidak boleh masuk.

Leuwi Korsi

Kolaborasi formasi tebing batu dan air yang jernih membiru terlihat sangat fotojenik abis.Leuwi Korsi ialah tempat untuk memperoleh sensasi tersebut. Pemburu spot foto untuk akun Instagram harus mengunjungi lokasi ini, karena memang Instagrammable.

Leuwi Korsi

Dengan air sebening kristal, udaranya yang sejuk khas pegunungan, dan tenangnya aliran air dengan warnanya yang biru menjadikan pengunjungnya betah berlama-lama di sini. Apalagi lanskap unik tebing berbatu yang mirip deretan kursi menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk menyaksikan dan menikmati keindahan tersebut, terlebih dahulu ketahanan tubuh Anda harus diuji, karena trek ke lokasi tidak bisa dikatakan mudah lewati. Leuwi Korsi berlokasi di Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Dari pusat kota Garut menuju Selatan melalui jalan raya Cisompet menuju Sasak Rumpit. Susuri jalan menuju Leuwi Jurig sebab Leuwi Korsi terletak di wilayah yang sama.

Leuwi Jurig

Jurig yang berarti Setan dengan nama yang memang menakutkan tersebut namun pemandangannya di sana justru sebaliknya. Leuwi Jurig, jika diartikan dengan Bhs Indonesia yakni kolam setan. Tetapi jangan bayangkan tempatnya menakutkan. Malah sebaliknya, jika Anda ingin mendapatkan spot yang asyik dan mengesankan, alami dan mempunyai atmosfer surgawi di Garut, Leuwi Jurig ialah tempat yang tepat.

Leuwi Jurig

Berlokasi yang sedikit tersembunyi, namun setelah sampai disana, dijamin maunya langsung nyebur dan ngadem. Bukan cuma itu saja, sebab tebing-tebing yang epik, mengelilingi aliran sungai dengan air yang jernih, ditambah atmosfer alam yang sejuk, Anda pasti akan terus-terusan berswafoto.

Leuwi Jurig berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari pusat kota Garut menuju Selatan melewati jalan raya Cisompet menuju Sasak Rumpit lanjut ke arah Bungbulang. Lokasi Leuwi Jurig tidak jauh dari jembatan pertama setelah PLTMH Cirompang Bungbulang.

Leuwi Tonjong

Faktanya aliran air yang terjepit antara dua tebing batu yang tinggi menjadikan daya tarik tersendiri. Pemandangan itulah yang nampak di Leuwi Tonjong. Dan asyiknya, aliran air dari Sungai Cihurip ini mengalir dengan tenang, sejuk dan jernih, sehingga tergolong aman untuk bermain air di sini. Namun tetap harus waspada, khususnya di musim hujan.

Leuwi Tonjong

Karena memiliki spot yang unik dan cantik, Anda pastinya tidak akan bisa menahan diri untuk berfoto, apakah itu selfie atau wefie. Tebing tinggi dengan dominasi warna hijau dan hitam memberikan nuansa tersendiri layaknya di Jurassic Park.

Leuwi Tonjong berlokasi di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari Garut kota menuju ke arah Cikajang, dilanjutkan ke arah Pameungpeuk sampai menemukan gapura bertuliskan Cihurip. Ikuti jalan sampai Puskesmas, pertigaan belok ke kanan dan ikuti jalan menurun. Bertanyalah kepada warga lokal untuk sampai ke lokasi.

Pantai Rancabuaya

Menikmati sunset di pantai berbatu karang selalu menjadi momen yang mengasyikan. Melihat deburan ombak, hembusan angin laut dengan matahari yang perlahan tidur masuk ke peraduannya.

Pantai Rancabuaya

Di Garut, momen tersebut bisa kalian peroleh di Pantai Rancabuaya. Pantai dengan banyak batu karang ini menawarkan atmosfer yang asyik untuk bersantai.

Untuk penikmati fotografi, pantai berbatu seperti ini merupakan spot yang keren. Ditambah di salah satu sudut pantai terdapat air terjun mini yang epik lalu sunset di sore hari, pastinya Anda akan menangkap momen yang mengesankan.
Pantai Rancabuaya berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Purbayani, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Lihat juga Paket Wisata ke Bandung

Pantai Cijeruk

Dengan tekstur pasir jingga yang unik serta lanskap yang landai menjadikan Pantai Cijeruk seakan mempunyai padang pasir.

Pantai Cijeruk

Tempat Wisata Alam di Garut yang satu ini asyiknya, Pantai Cijeruk masih tergolong sepi pengunjung. Tak banyak orang dari luar yang menikmati pemandangan keren di sini. Jadi, untuk Anda yang mau bersantai dengan tenang, tempat wisata ini menjadi alternatif yang bagus.

Pantai Cijeruk berlokasi di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari Pamengpeuk, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojek atau angkutan pedesaan ke kawasan Cijeruk Indah.

Pantai Taman Manalusu

Taman biasanya didominasi warna hijau yang disebabkan tumbuhannya. Mungkin karena alasan tersebut jika tempat wisata ini namai Pantai Taman. Sedangkan nama Manalusu, konon berasal dari nama Karl Manalusu, seorang administratur Perkebunan Kelapa Sawit yang pertama menemukan tempat ini.

Pantai Taman Manalusu

Cuma ada beberapa titik saja di pantai ini yang ‘menghijau’, yakni di batu karang yang mengarah ke laut. Sementara pantainya sendiri berlanskap landai dengan pasir berwarna hitam.

Dengan Pantai yang landai dan gelombang yang tak terlalu ganas, seolah memperbolehkan pengunjungnya untuk bermain air di sini. Tetapi kewaspadaan tetap harus diutamakan karena bagaimana pun juga Laut Selatan selalu memberikan kejutan tersendiri.

Pantai Taman Manalusu berada di Kecamatan Cilekelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari pusat kota Garut, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau naik transfortasi umum jurusan Garut – Pameungpeuk atau Bandung – Pameungpeuk dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Setiba di Pameungpeuk, Anda bakal melalui jalan lintas selatan yang bisa ditempuh oleh kendaraan roda 2 serta roda 4.

Curug Nyogong

Mau lihat air terjun yang masih alami, tak terlalu tersentuh manusia dengan debit air yang cukup deras, Curug Nyogong lah tempatnya.

Curug Nyogong

Berlokasi cukup tersembunyi, jauh dari jalan utama dan Anda harus trekking kurang lebih selama 30 menit, namun semua akan terbayarkan setelah melihat kemegahan air terjun dan kealamian lingkungannya. Secara penglihatan, Anda bisa mengagumi keindahannya dari kejauhan. Tetapi untuk berenang, Anda harus ekstra hati hati. Bukan cuma karena airnya yang deras, namun karena bebatuan yang licin.

Curug Nyogong berlokasi di Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Arahkan kendaraan ke ruas jalan Cikajang-Pamengpeuk hingga menemukan gapura Kecamatan Cihurip, ikuti jalan perbukitan hingga menemukan Balai Desa Mekarwangi. Parkir kendaraan Anda di balai desa dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih kilometer.

Curug Mala/Cikawung

Tempat Wisata Alam di Garut selanjutnya, apabila musim kemarau datang, curug ini memutuskan untuk ‘berhibernasi’. Tetapi ketika musim penghujan datang, Anda akan melihat keindahan yang tiada tara.

Curug Mala/Cikawung

Debit air yang melimpah membuat ‘tekstur’ Curug Mala terlihat jelas, berundak dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi dan mengubah lanskap di sekeliling menjadi jauh lebih indah.

Curug Mala/Cikawung berlokasi di Desa Girimukti Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari Bandung menuju ke Pangalengan, dilanjutkan ke daerah Talegong atau Cisewu hingga sampai ke Desa Girimukti. Anda bisa bertanya kepada warga lokal untuk sampai ke lokasi.

Selain itu, di penjuru Garut lainnya terdapat juga Tempat Wisata Alam di Garut lainnya yang memiliki spot keindahan alam mempesona, seperti : Curug Ciarjuna, Curug Cibadak, Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Batu Tumpang, Batu Patapaan, Leuweung Oko / The Great Oko, Gunung Piramida Sadahurip, Puncak Guha dan Pemandian Air Panas Sukasono.

FASTRANS Tour & Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *