Tempat Wisata Alam di Garut yang Mempesona

Tempat-Wisata-Alam-di-Garut-yang-Mempesona

Tempat Wisata Alam di Garut yang Mempesona  – Garut yang identik dengan dodolnya, namun jika Anda hanya berburu dodol saja ketika berkunjung ke Garut maka itu sangat disayangkan karena Garut menyimpan banyak pesona alam yang mempesona.

Faktanya, Garut merupakan salah satu tempat di Jawa Barat yang wajib dikunjungi jika ingin menyaksikan panorama dan keindahan alam yang natural. Mulai dari pantai, air terjun dan keajaiban alam lainnya dapat dengan mudah Anda temukan di setiap penjuru Garut.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Garut yang memiliki keindahan alam yang mempesona :

1. Bukit Kacapi
Bukit-Kacapi-Garut
Jika Anda ingin berenang di tengah perbukitan, kolam renang Bukit Kacapi ialah spot yang tepat. Berlokasi di perbatasan Garut dan Tasikmalaya, antara dua gunung dengan lanskap berbukit yang hijau dengan perkebunan teh di kejauhan. Udara yang sejuk.

Memakai konsep pemandian/kolam renang terbuka, dengan air kolam yang segar dan dingin dan juga bebas zat kimia. Gazebo di atas bukit serta ayunan dari kayu dapat menjadi spot spesial untuk Anda yang ingin menambah koleksi foto di akun Instagram.

2. Talaga Bodas
Talaga-Bodas
Di Talaga Bodas anda akan mandi dan bermain air di tengah kawah gunung berapi aktif dimana akan merasakan sensasi ngeri dan nikmat. Itulah pengalaman yang akan Anda peroleh jika berlibur di Talaga Bodas. Lokasi ini memang merupakan kawah Gunung Talaga Bodas yang masih mempunyai aktivitas vulkanik – yang untungnya tidak berbahaya dan aman untuk dikunjungi.

Memiliki pemandangan yang mengesankan di Talaga Bodas ini. Tanah berbukit serta pepohonan hijau di kejauhan yang tampak kontras dengan telaga berwarna putih menjadikan panoramanya mengundang decak kagum. Untuk Anda yang ingin bersantai juga berendam air panas, ada spot untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Gunung Talaga Bodas berlokasi di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat wisata ini terletak sekitar 93 km dari pusat kota Garut dengan medan yang cukup berliku-liku. Waktu tempuh diperkirakan sekitar 3,5 jam. Jarak dari area parkir ke Talaga kurang lebih sekitar 1 km. Walaupun jalannya bagus dan dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4, tapi aturan yang berlaku kendaraan tidak boleh masuk. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus berjalan kaki atau bisa memilih naik ojek yang sudah berjejer di pintu masuk.

3. Kebun Mawar Situhapa
Kebun-Mawar-Situhapa
Kebun mawar Situhapa bukan hanya penginapan biasa, namun juga spot yang asyik untuk berwisata di taman yang menyenangkan.
Kebun Mawar Situhapa merupakan penginapan dengan konsep terbuka, tapi juga memberi kesempatan kepada wisatawan lokal dan mancanegara guna menikmati fasilitas taman yang mereka miliki, tanpa harus bermalam di sana.

Memiliki panorama alam yang indah, bukan hanya pada taman itu sendiri, namun juga di lingkungan sekeliling, yang menjadi andalan Kebun Mawar Situhapa mengundang wisatawan datang. Dari sini, Anda tak hanya bisa melihat taman mawar yang indah, yang jenisnya berjumlah lebih dari 500, namun juga bunga lain dengan warna yang tak kalah indah. Kebun Mawar Situhapa berada di Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat

4. Leuwi Korsi
Leuwi-Korsi-garut
Perpaduan antara formasi tebing batu dan air yang jernih membiru merupakan keindahan alam yang sungguh mempesona, Leuwi Korsi ialah tempat untuk memperoleh sensasi tersebut. Pemburu spot foto untuk akun Instagram harus mengunjungi lokasi ini, karena tempat ini sangat Instagrammable.

Airnya sebening kristal, udaranya yang sejuk khas pegunungan, dan tenangnya aliran air serta warnanya yang biru membuat pengunjungnya betah berlama-lama di sini. Apalagi lanskap unik tebing berbatu yang menyerupai deretan kursi menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk menyaksikan dan menikmati keindahan ini, ketahanan tubuh Anda harus diuji terlebih dulu karena trek ke lokasi tidak bisa dikatakan mudah dilalui.

Leuwi Korsi terletak di Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Dari pusat kota Garut menuju Selatan melewati jalan raya Cisompet menuju Sasak Rumpit. Susuri jalan menuju Leuwi Jurig sebab Leuwi Korsi berada di wilayah yang sama.

5. Leuwi Jurig
Leuwi-Jurig-Garut
Sebuah tempat wisata dengan nama yang menakutkan, namun pemandangannya justru sebaliknya. Leuwi Jurig, jika di-Indonesia-kan berarti kolam setan. Tapi jangan bayangkan tempatnya mengerikan. Justru malah sebaliknya, bila Anda ingin menemukan spot yang asyik dan mengesankan, alami dan mempunyai atmosfer surgawi di Garut, Leuwi Jurig ialah tempat yang tepat.

Lokasi Leuwi Jurig di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari pusat kota Garut menuju Selatan melewati jalan raya Cisompet menuju Sasak Rumpit lanjut ke arah Bungbulang. Lokasi Leuwi Jurig tak jauh dari jembatan pertama setelah PLTMH Cirompang Bungbulang.

6. Leuwi Tonjong
leuwi-tonjong-garut
Aliran air yang terjepit di antara dua tebing batu yang tinggi menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan itulah yang terlihat di Leuwi Tonjong. Dan asyiknya, aliran air dari Sungai Cihurip ini mengalir dengan tenang, sejuk dan jernih, sehingga tergolong aman untuk bermain air. Namun tentunya harus tetap waspada khususnya pada musim hujan. Tebing yang tinggi dengan dominasi warna hijau dan hitam memberikan nuansa tersendiri seperti di Jurassic Park.

Leuwi Tonjong berada di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dari Garut kota menuju ke arah Cikajang, dilanjutkan ke arah Pameungpeuk hingga menemukan gapura bertuliskan Cihurip. Ikuti jalan hingga sampai Puskesmas, pertigaan belok ke kanan dan ikuti jalan menurun. Bertanyalah kepada warga lokal untuk sampai ke lokasi.

7. Leuwi Jubleg
Leuwi-Jubleg-garut
Memiliki lanskap yang berbukit, tak sedikit leuwi atau sungai dengan pemandangan asyik tersembunyi di Garut, dan salah satunya adalah Leuwi Jubleg. Jangan tanyakan keindahannya karena memang istimewa. Bahkan ada yang membandingkannya dengan Grand Canyon dalam versi mini. Pemandangannya memang top banget. Kawasan hutan yang masih alami ditambah aliran sungai yang natural.

Jubleg ialah alat tumbuk tradisional lesung, dan konon nama tersebut diperoleh karena bebatuan di sekitarnya yang mirip jubleg. Jika Anda berniat liburan ke Leuwi Jubleg, bersiaplah melakukan trekking untuk beberapa waktu. Jangan lupa bawa baju ganti, dan jangan buang sampah sembarangan. Leuwi Jubleg berlokasi di Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Nah itulah beberapa informasi Tempat Wisata di Garut yang memiliki keindahan alam yang mempesona, yang sebetulnya masih banyak lagi tempat tempat yang belum di sebutkan .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *