Tangkuban Parahu Lembang

gunung-tangkuban-perahu-lembang-bandung-1

Tangkuban Parahu Lembang Bandung

Tempat wisata yang sering dikunjungi dan lumayan cukup populer di Bandung adalah Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu (Perahu). Banyak sekali wisatawan local ataupun wisatawan asing yang berkunjung ke tempat wisata ini. Juga tempat wisata ini sudah terkenal sampai ke manca Negara. Gunung ini saat ini masih dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu di tempat ini lumayan sangat dingin, rata-rata setiap harinya sekitar 17 derajat celcius dan lebih dingin lagi di saat malam hari yaitu sekitar 2 derajat celcius. Maka dari itu para wisatawan diwajibkan untuk membawa baju hangat atau mantel jika berkunjung ke tempat wisata alam ini.

Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu (Perahu) ini terletak di daerah Cikole Lembang atau di sebelah bagian Utara Kota Bandung. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2084 meter di atas permukaan air laut. Gunung ini juga merupakan sebuah legenda bagi rakyat setempat yang dikenal dengan legenda Sangkuriang.

Kawah Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Kawah Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Legenda Tangkuban Perahu (Sangkuriang)
Gunung Tangkuban Perahu dikenal atau sering dikaitkan dengan sebuah legenda yaitu Legenda Tangkuban Perahu Sangkuring (Legenda Sangkuriang). Sebuah legenda yang dikisahkan dari seorang pria yang telah jatuh cinta kepada seorang wanita yaitu Dayang Sumbi/Rarasati, tak lain adalah ibunya sendiri.

Sangkuriang pun memiliki niat untuk menikahi Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan rencana anaknya tersebut, Dayang Sumbi pun memberikan syarat kepada Sangkuriang agar ia membuat sebuah telaga dan perahu dalam satu malam. Ketika Sangkuriang gagal memenuhi syarat dari Dayang Sumbi, ia pun marah dan menendang perahu yang telah ia buat dan mendarat dengan keadaan terbalik. Perahu yang terbalik inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Tiket Masuk Tangkuban Perahu
Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu sangat terjangkau. Dengan uang Rp. 20.000 (dua puluh ribu rupiah) per orang khusus wisatawan domestik, anda bisa memasuki taman wisata alam Tangkuban Perahu. Untuk wisatawan mancanegara harganya Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah).Harga ini berlaku untuk hari biasa. Untuk hari libur harganya berbeda yaitu Rp. 30.000 (tiga puluh ribu rupiah) per orang. Untuk wisatawan asing atau mancanegara Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah).

Sarana atau Fasilitas di dalam Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Perahu
Di dalam kawasan Wisata Gunung Tangkuban Perahu ada beberapa sarana atau fasilitas yang bisa wisatawan gunakan. Di dalam kawasan, para wisatawan disediakan beberapa sarana yaitu Masjid dan Toilet. Ada juga Pemandu Wisata yang bisa mengantar para wisatawan berjalan-jalan mengunjungi beberapa tempat yang memiliki pemandangan yang indah. Di dalam kawasan pun terdapat kantor polisi, warung atau took, dan Toko Cinderamata untuk membeli oleh-oleh khusus Gunung Tangkuban Perahu.

Kawah Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Kawah Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Rute Menuju Lokasi Gunung Tangkuban Perahu
Rute menuju lokasi Gunung Tangkuban Perahu tidaklah terlalu sulit. Para pengunjung bisa menggunakan beberapa alat transportasi seperti kendaraan umum, kendaraan roda dua dan mobil pribadi. Lokasi Gunung Tangkuban Perahu terletak antara Perbatasan Subang dan Bandung Barat, lebih tepatnya setelah daerah Cikole Lembang, Bandung, Jawa Barat. Untuk kendaraan umum, Anda bisa menggunakan Bus dan angkot.

Berikut penjelasan mengenai rute menuju Lokasi Tangkuban Perahu:
Saat ini track dari pusat kota Bandung sampai ke tempat wisata ini sudah bagus. Jika Anda berencana menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti rute dari Bandung – Lembang – Ciater. Ikuti jalan Setiabudi menuju arah Lembang. Kemudian belok kanan menuju arah Subang dari bunderan Lembang.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, dari Stasiun Hall naik angkutan kota menuju arah Lembang. Kemudian berhenti di terminal Lembang. Dari Terminal Lembang naik angkot dengan trayek Lembang – Cikole. Setelah hutan pinus Cikole, di sebelah kiri jalan Anda akan menemukan Pintu Masuk Tangkuban Perahu. Dari gerbang masuk ada angkutan khusus untuk membawa Anda menuju kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu. Jarak dari gerbang masuk ke kawah sekitar 3 KM.

Sepanjang perjalanan menuju Gunung Tangkuban Perahu Anda akan disajikan dengan pemandangan-pemandangan hijau nan indah. Selain itu, Anda pun akan melihat beberapa kawasan wisata lain sebelum mencapai Tangkuban Perahu seperti Kawasan Wisata Alam yang berada di Lembang, Kawah Domas dan Kawah Ratu. Jangan lupa ajak teman, kerabat dan saudara untuk menikmati indahnya tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Call us :

FASTRANS Tour & Travel

Phone :
+62 227 5644 46
+62 852 2220 0490
+62 857 9559 0055
mail: fastrans@bandung-tour.com

Office :

Komp. GBA I Blok A no.2 Bandung
West Java, 40288

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *