Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Taman-Wisata-Alam-Gunung-Papandayan

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan – Gunung Papandayan memang tidak asing lagi untuk kalian yang hobi hiking dan camping. Gunung Merapi yang berstatus masih aktif ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan sayang jika dilewatkan ketika sedang berlibur ke Garut Jawa Barat. Yang menjadi daya tarik dari Gunung papandayan ialah terdapat beberapa kawah yang terkenal yakni Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak,Kawah Manuk dan Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Berdasarkan fakta dilapangan terlihat ada begitu banyak perubahan besar disini mulai dari gerbang utama yang posisi pindah ke dekat area parkir, area parkir 3x lipat lebih luas dari sebelumnya juga berubahnya bangunan warung yang berada disamping area parkir.

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan adalah salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Sirnajaya dan Kramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat wisata alam yang satu ini mempunyai pemandangan alam yang indah dengan hamparan bunga Edelweiss, dengan ketinggian kurang lebih 2.666 mdpl. Kata Papandayan sendiri diambil dari cerita rakyat sekitar yang konon mendengar suara gaib ketika melintas gunung, suara tersebut terdengar seperti seorang pandai besi yang sedang membuat perkakas besi.

Daya Tarik Wisata

1. Kawah
kawah-gunung-papandayan
Papandayan salah satu gunung api masih aktif dengan kawah-kawah identik berpindah-pindah dengan acak. para pengunjung bisa melihat kawah-kawah tersebut secara dekat. Teradapat 14 kawah dan yang paling besar ialah kawah Mas dengan lebar kurang lebih 150 meter. Kawah ini bergemuruh layaknya suara mesin pesawat jet. Dari 14 kawah ini masing-masing kawah mengeluarkan asap yang berberda-beda ada yang berwarna hijau ada juga yang berwarna emas. Udara disekitar kawah cukup panas, sehingga disarankan untuk memakai baju dengan bahan yang dingin. Selain menikmati kawah disana pengunjung juga dapat menemukan hamparan bunga Eidelweiss (anaphalis javanica). Sebagian orang percaya bahwa air yang ada dikawah ini dapat digunakan sebagai obat yang paling mujarab bagi penyakit kulit.

2. Hutan Mati
hutan-mati
Hutan mati berada di area berkemah Pondok saladah yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki, juga merupakan area yang hampir tidak terlewatkan oleh para pengunjung untuk berfoto dan melihat keindahan area hutan mati tersebut.

3. Sunrise
Taman Wisata Alam Gunung Papandayan
Para pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit di area tebing Sunrise, area Hutan Mati dan area Tebing berkemah Hober Hoet.

4. Area Berkemah
Area-Berkemah
Terdapat 3 area berkemah yang populer diantaranya:

– Bumi perkemahan
Bumi perkemahan merupakan area untuk berkemah dengan latar belakang Kawah Gunung Papandayan dan terdapat sungai kecil dengan air yang bersih. Tempat ini rekomendasi buat kemah keluarga.

– Gober Hoet
Lokasinya terletak setelah pintu lawang angin. merupakan area terbuka dengan pemandangan ke arah kawah, kota Garut dan Gunung Cikuray.

– Pondok Saladah
Berada berdekatan dengan area Hutan Mati yang terdapat sumber mata air yang bisa digunakan untuk persediaan air minum.

– Curug Hejo
Terletak di area bawah Hutan Mati mempunyai air berwarna hijau, terdapat juga air terjun bertingkat dengan kolam air jernih yang menarik dikunjungi.

Fasilitas

– Kolam Rendam Air Panas
– Selfie Area
– Wacth Tower (Menara Pandang)
– Penginapan
– Restoran & Kantin
– Mesjid

Itulah informasi mengenai Taman Wisata Alam Gunung Papandayan yang dapat Fastrans Bandung paparkan, yang dapat dijadikan acuan sebagai bahan pertimbangan sebelum berlibur ke Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *